247 Gempa Susulan Terjadi Setelah Gempa Utama 7,6 SR

Posted on

Warga berusaha mencari korban yang terjebak di reruntuhan bangunan pascagempa di Padang, Sumatera Barat, Kamis (1/10).

Jumat, 2 Oktober 2009 | 08:56 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Padang mendeteksi telah terjadi 247 kali gempa susulan setelah gempa besar 7,6 skala Richter yang mengguncang Sumatera Barat (Sumbar).

Staf BMKG Kota Padang Bidang Info Dini Gempa Bumi dan Tsunami Jaya Murjaya, kepada wartawan ANTARA yang melaporkan dari Padang, Jumat (2/10), mengatakan, terjadi 247 kali gempa susulan hingga Kamis sore.

Kekuatan dari gempa-gempa susulan yang terjadi tersebut melemah, rata-rata mencapai 3-4 skala Richter.

Gempa-gempa kecil tersebut, menurut Jaya, memang tidak dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Padang dan sekitarnya, namun terdeteksi oleh BMKG.

Pihaknya juga memprediksi gempa susulan dengan skala kecil ada kemungkinan masih akan terus terjadi hingga beberapa hari ke depan. “Tapi masyarakat tetap tidak dapat merasakannya,” ujar dia.

Gempa besar 7,6 skala Richter yang meluluhlantakkan gedung, rumah, pertokoan di Kota Padang dan sekitarnya, Rabu sore, terpusat di barat daya Pariaman, Sumbar.

Gempa susulan berkekuatan 6,2 skala Richter kembali mengguncang Padang dan daerah sekitarnya beberapa menit setelah gempa utama.

Kondisi tersebut membuat warga trauma dan lebih memilih tetap berada di luar rumah. Warga memilih bermalam di tenda-tenda darurat yang didirikan di tempat terbuka.

Belum pulihnya aliran listrik di Padang dan sekitarnya membuat masyarakat, terutama kaum muda, berjaga-jaga di sekitar rumah maupun lingkungan rumah untuk mengantisipasi tindak kejahatan, khususnya pencurian.

Sumber : http://regional.kompas.com

One thought on “247 Gempa Susulan Terjadi Setelah Gempa Utama 7,6 SR

    richocean said:
    02/10/2009 at 14:21

    wuih banyak banget gempa-nya …… ngeri banget

    silahkan ke blog saya richocean ttg “2009 3009 ANGKA Gempa PADANG PARIAMAN. 2009 1010 ANGKA Gempa Tsunami ACEH?” dan “2009 0110 Pagi ini Gempa Bengkulu dan Jambi Menyusul Gempa Padang” dan “Selama 17 jam, 3x Gempa PADANG Sumatra Barat”

    atau blog saya lainnya
    http://richmountain.wordpress.com

    salam …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s